SEARCH ENGINE OPTIMIZATION (SEO)
Search
Engine Optimization (SEO) adalah pengetahuan untuk merekayasa elemen-elemen
website untuk mendapatkan rangking yang tinggi di mesin pencari. Pendek sekali,
tapi memang hanya itulah esensi SEO. Ada sangat banyak elemen baik external
maupun external yang mempengaruhi ranking website di mesin pencari dan karena
itu patut menjadi perhatian kita. SEO yang baik adalah sesuatu yang sangat
sulit, dan SEO yang hebat tidak akan pernah bisa kita capai.
Mengapa
SEO menjadi sangat penting? Bayangkan anda berada di tengah kerumunan ribuan
orang dan seseorang berusaha mencari anda. Bagaimana anda bisa ditemukan di
tengah kerumunan orang yang sepintas semua nampak mirip satu sama lainnya.
Bayangkan jika kemudian ada cara untuk memisahkan, semua pria memakai celana
panjang dan semua wanita memakai rok. Sekarang orang yang mencari anda harus
mencari diantara setengah dari kerumunan orang yang ada. Anda bisa terus
menambahkan kriteria-kriteria lain untuk menyaring sehingga tinggal tersisa
sekelompok kecil orang sehingga anda lebih mudah ditemukan.
Website
kita bisa dianalogikan seperti situasi anda di tengah kerumunan tadi. Di tengah
kerumunan jutaan website – diperkirakan saat ini ada lebih dari 100 juta
website dan terus bertambah sekitar 1.5 juta setiap bulannya – bahkan di mata
mesin pencari yang mengirim crawler-crawlernya untuk mendaftar website, website
kita hampir tidak terlihat. Agar website kita mudah terlihat, bahkan oleh
crawler sekalipun, sejumlah elemen tertentu harus nampak jelas. Seperti orang
yang tingginya lebih dari 2 meter akan lebih mudah ditemukan diantara kerumunan
ribuan orang. Inilah alasan mengapa kita memerlukan SEO, agar website kita
mudah ditemukan.
Secara
kebetulan, cepat atau lambat website kita akan ditemukan oleh mesin pencari,
dan akan mendapat tempat, entah dengan urutan ranking nomor berapa, diantara
ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan website lainnya. Tapi berada di halaman
kesepuluh atau keseratus tidak ada bedanya dengan tidak terkihat sama sekali.
Agar bisa ditemukan, website kita memerlukan ranking yang jauh lebih baik.
Setidaknya berada di tiga halaman pertama hasil pencarian. Orang tidak akan
mencari lebih jauh dari halaman ketiga, kebanyakang mungkin malah tidak akan
sampai sejauh itu. Kenyataannya hanya website yang berada di halaman pertama
sajalah yang mendapat cukup pengunjung yang kemudian membeli produk yang
ditawarkan. Itulah sebetulnya tujuan akhir SEO, mengasilkan uang dari pembelian
yang dilakukan oleh pengunjung website.
Untuk
mendapatkan ranking yang tinggi, ditemukan oleh Crawler mesin pencari saja
tidaklah cukup. Ada sejumlah kriteria tertentu yang harus dipenuhi agar website
kita terdaftar dengan nilai lebih tinggi dari website-website lainnya. Beberapa
kriteria yang diidentifikasi crawler mesin pencari diantaranya:
1. Anchor text (teks yang dipergunakan sebagai link menuju halaman /
website lain.
2. Popularitas website
3. Relevansi link
4. Kata kunci
5. Bahasa
6. Isi secara keseluruhan
7. Umur website
Secara
umum, beberapa faktor memberikan pengaruh terhadap posisi website di mesin
pencari, bahkan walaupun kita tidak memberikan perlakuan khusus. Tapi tanpa
melakukan upaya yang semestinya, kita hanya membiarkan website kita mendapatkan
hasil secara kebetulan saja. Kira-kira sama seperti membuka toko tanpa
menempelkan merk dan produk yang kita jual. Anda akan mendapat beberapa
pengunjung, tapi karena tidak ada yang mengenali keberadaan toko anda, yang
datang berkunjung hanya orang yang kenal dengan anda secara pribadi, atau
pejalan kaki yang penasaran.
2.
Menyusun Rencana SEO
Menentuka
Prioritas
Prioritas
tertinggi semestinya diberikan kepada halaman yang diharapkan akan menjadi yang
paling banyak dikunjungi, misalnya homepage atau halaman dimana pengunjung
diharapkan akan mengambil keputusan untuk membeli produk yang kita tawarkan.
Lakukan sinergi dengan pola bisnis kita secara keseluruhan, sesuaikan penentuan
prioritas ini dengan pola pemasaran bisnis kita. Alokasikanlah sebagian besar
waktu, tenaga, dan (mungkin) dana pada halaman-halaman yang menjadi priorits.
Analisa
Website
Buatlah
tabel untuk menganalisa masing-masing halaman. Teliti masing-masing elemen yang
kita ketahui sebagai faktor yang menentukan keberhasilan suatu halaman website
untuk mendapatkan ranking yang baik. Untuk masing-masing elemen dari setiap
halaman, catat hasil pengamatan kita, tentukan apa yang perlu kita lakukan
untuk menyempurnakan elemen tersebut, akan lebih baik jika kita juga menentukan
deadline untuk diri sendiri, kapan penyempurnaan itu akan kita selesaikan.
Karena SEO merupakan proses yang berkelanjutan, ada baiknya juga disertakan
kolom untuk memberi tanda jika penyempurnaan telah selesai dilakukan, dan kolom
untuk nanti menuliskan pengamatan kita tentang hasil penyempurnaan tersebut dan
rencana tindak lanjutnya.
Elemen-elemen
yang perlu menjadi perhatian diantaranya:
Tagging: Meta
tag yang termasuk di dalam kode masing-masih halaman website merupakan elemen
penting agar suatu halaman website dimasukkan ke dalam hasil pencarian sesuai
dengan kata kunci yang kita harapkan. Tag yang sangat menentukan adalah TITLE
dan META-DESCRIPTION.
Isi
halaman: Seberapa baru? Seberapa dekat relevansinya (dengan kata kunci
yang kita targetkan, dengan halaman-halaman lain di website kita, dan dengan
halaman di website lain yang memiliki link ke dan dari website kita)? Seberapa
sering di-update? Seberapa banyak isinya? Isi halaman merupakan faktor yang
sangat penting. Ingat, mesin pencari menempatkan kepentingan “pencari” sebagai
prioritas utama, dan yang diperlukan “pencari” adalah isi dari halaman web,
baik itu informasi atau produk yang emreka butuhkan. Jika isi website anda
jarang diperbaharui, mesin pencari akan mulai meninggalkan website kita dan
memberikan nilai lebih baik kepada website yang isinya lebih sering
diperbaharui. Memang ada kasus-kasus khusus dimana informasi tertentu merupakan
informasi yang penting tapi kurang dinamis. Website yang mengandung informasi
jenis ini mungkin akan tetap mendapatkan ranking yang baik meskipun isinya
tidak pernah diperbaharui. Tapi ini benar-benar merupakan penegcualian, secara
umum mesin pencari memberi nilai lebih baik untuk website yang isinya sering
diperbaharui.
Link: Crawler
(atau robot / spider) menganalisa link baik dari maupun ke suatu halaman
website untuk diikuti dalam penjelajahannya mengumpulkan informasi mengenai
website kita. Catatan perjalanan crawler akan dianalisa mesin pencari untuk
menentukan hubungan antar halaman yang terhubung oleh suatu link. Link yang
masuk harus datang dari halaman lain yang relevan, link yang keluar harus pergi
menuju halaman lain yang relevan. Broken link (link yang halaman tujuannya
tidak dapat ditemukan) memberikan pengaruh yang sangat buruk. Pastikan semua
link bekerja dengan baik.
Sitemap: Sitemap
membantu mempermudah crawler untuk menjelajahi seluruh isi website kita.
Bedakan dari sitemap yang anda tujukan untuk mempermudah pengunjung menemukan
halaman tertentu di dalam website anda. Sitemap yang ditujukan khusus untuk
mesin pencari adalah dokumen berbasis XML yang ditempatkan pada direktori utama
server kita yang memuat informasi untuk mesin pencari (URL, waktu update,
relevansi, dsb.) Keberadaan sitemap XML akan membantu agar seluruh halaman,
bahkan yang paling jauh dari homepage dapat terjelajahi oleh crawler mesin
pencari. Pastikan bahwa sitemap XML anda selalu di-update.
3.
Strategi SEO
SEO
adalah pekerjaan berat. Diperlukan banyak waktu, tenaga, dan pikiran untuk
mengoptimasi elemen-elemen yang tepat dengan tepat, sehingga mesin pencari
bukan hanya menemukan, tetapi juga meng-indeks dan memberikan ranking yang
tinggi pada daftar hasil pencarian terhadap kata kunci yang ditargetkan. Semua
upaya ini perlu mendapat perhatian kita secara penuh dan terus-menerus, karena
sampai saat ini tidak ada sistem yang dapat melakukannya untuk anda secara
otomatis.
SEO
adalah kumpulan strategi untuk memperbaiki tingkat dimana website ditempatkan
denga ranking yang tinggi pada daftar hasil pencarian, ketika pengunjung
melakukan pencarian di mesin pencari, dengan menggunakan kata kunci yang
relevan. Itu kurang-lebih definisi SEO secara umum. SEO bukan pekerjaan yang
bisa dilakukan kemudian selesai dalam sesaat, tetapi terdiri dari beberapa
tahapan.
Keberhasilan
SEO lebih terjamin jika kita berkonsentrasi dengan mengimplementasikan strategi
satu persatu, dan tenpat yang tepat untuk memulainya adalah sejak website
dirancang. Hal yang pertama menarik mesin pencari adalah design website. Tag,
link, struktur navigasi, dan isi adalah beberapa elemen yang menarik perhatian crawler.
Satu
pemahaman umum yang secara mutlak salah adalah bahwa SEO dilakukan setelah
website jadi. Hal ini meskipun memungkinkan tetapi membawa tingkat kesulitan
yang jauh lebih tinggi, bahkan pada banyak kasus sama sekali tidak bisa. Salah
satu faktor yang sering menimbulkan konflik antara pemilik website dan ahli SEO
adalah ketika ahli SEO meminta pemilik website untuk melakukan perubahan – yang
sering sangat mendasar – pada websitenya terlebih dahulu.
4.
White Hat SEO
White
hat SEO bisa di artikan dalam bahasa indonesia adalah topi putih yang di
mana para webmaster meyakini bahwa ini adalah tehnik paling aman dalam search
engine optimization,white hat SEO bisa juga di kategorikan bahwa
konten adalah raja dan web/blog tersebut berjalan pelan tapi pasti.White
hat SEOadalah tehnik yang terbaik untuk suatu pemasaran walapun pesaing
memang menjadi hambatan menerapkan White hat SEO ini bisa memuaskan para
pengunjung juga pelanggan yang diharapkan karena apabila menerapkannya mau
tidak mau pemilik web/blog harus menganggap konten adalah raja yang memberikan
informasi yang tepat dan akurat.
Beberapa teknik yang mungkin berguna dalam White Hat SEO:
Informasi
yang terarah
Membuat
konten yang relevan dan menunjukan informasi yang relevan juga, maksudnya
adalah apabila ingin memasarkan suatu produk maka pasarkanlah yang sportif
tidak membuat kata kunci yang lain yang diselipkan di dalam konten sehingga
pengunjungpun mengetahui maksud dan tujuan web/blog tersebut dengan produk yang
diarahkan.
Menata
web/blog dengan baik
White
hat seo juga bisa di lakukan dengan menata Web/blog secara baik bisa dilakukan
dengan pemilihan template yang SEO friendly dan mengatur CSS dengan
merampingkannya sehingga daya muat menjadi cepat, perlu juga di perhatikan java
scriptnya.Juga membagi halaman yang baik, dan adapun cara agar membuat loading
blog menjadi lebih baik adalah dengan compress css.
Pemberian
meta tag
Berikanlah
meta tag karena ini sangat membantu terutama judul dan deskripsi yang perlu di
perhatikan adalah robot dan judul yang tepat dibawah head juga charset yang di
gunakan agar spider jelas membaca kode.Dalam pemberian meta tag bisa di lihat
di artikel meta tag complete seo friendly.
Buat
kata kunci(keyword) yang relevan
Untuk
white hat seo tempatkan judul sebagai keyword dan juga deskripsi, ada baiknya
di tempatkan di unsur berikut ini:
1. Judul
2. Meta Description
3. Kata kunci Meta
4. Pos Unsur h1-h6
5. Teks dengan " "
6. Alt Tag yang bisa di optimalkan di dalam gambar
7. Title Tag
8. Link yang berisi kata kunci(keyword)
5.
Black Hat SEO
Black
Hat SEO diartikan sebagai suatu cara curang dalam memanuver segi Optimasi
sebuah web blog agar bisa menduduki halaman pertama Searh Engine semisal google
dan yahoo. Menurut informasi yang saya dapatkan dari hasil browsing kesana dan
kemari, Black Hat SEO ini memang terbukti ampuh menjajaki halaman
pertama search engine (yang secara tidak langsung dipaksa untuk bisa nangkring
di sana tapi bukan secara natural dan optimasi pada biasanya).
Beberapa teknik yang
biasa digunakan dalam Black Hat SEO:
Keyword
Stuffing, Teknik ini dilakukan dengan cara menaruh banyak kata kunci
(keyword) dalam suatu halaman web blog (artikel) agar bisa menarik simpati dari
search engine untuk bisa mengindeknya, dengan kata lain keyword ini dimasukan
ke dalam suatu (contoh) artikel, padahal antara artikel, judul dan keyword
tidak ada yang relevan.
Cloaking
(halaman web blog palsu), Teknik ini dilakukan untuk menipu search engine bot
dengan cara membuat sebuah halaman serta isi konten yang palsu agar bisa
menjaring pengunjung dengan cepat. Nah, perlu kita ketahui, saya contohkan
ketika kita membuka suatu halaman web blog, maka yang kita buka itu adalah
halaman yang sebenarnya tetapi ketika search engine yang mengunjunginya maka
teknik cloaking yang berupa script ini akan memberikan halaman palsunya. (namun
untuk cara cloaking ini saya kurang begitu memahami, karena saya sendiri tidak
pernah menggunakan Black
Hat SEO).
Invisible
Keyword, Informasinya, teknik inilah yang paling banyak digunakan oleh para
blogger, karena saya pikir memang cukup mudah, kita hanya perlu menaruh keyword
yang banyak diantara kata-kata dalam suatu artikel (walaupun konten tidak
relevan) lalu keyword tersebut di warnai sesuai dengan warna background web
blog. Jadinya, keyword tersebut secara kasat mata tidak akan terlihat, tapi
search engine bot tetap bisa melihatnya.
Akibat
Black Hat SEO
Jika
dari pengertian, tujuan dan teknik nya saja sudah melanggar aturan (TOS) search
engine, maka akibatnya juga sudah bisa kita tebak. Walaupun dalam beberapa hari
web blog bisa nangkrong di halaman pertama search engine, tapi setelah itu web
blog tersebut akan di black list, lalu tidak akan diindeks lagi kemudian web
blog akan masuk ke search engine sandbox dan bisa jadi akan di banned.
Secara
umum teknik ini merupakan pelanggaran etika dalam mengoptimalkan sebuah web
blog, karena orang awam pun tentunya tahu bahwa sesuatu hal yang tidak sama
antara judul, konten dan keywordnya itu adalah sebuah penipuan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar